img

Rapat Pembahasan RPP Pengelolaan Royalti atas Hak Mekanikal Musik / Lagu oleh Kemenhum Dirjen HKI, Direktorat Hak Cipta & Design Industri.

Admin

11 Nov 2021

APMINDO hari ini turut diundang & aktif terlibat dalam Kegiatan Pembahasan
Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengelolaan Royalti atas Hak Mekanikal Musik / Lagu yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum & HAM Dirjen HKI, Direktorat Hak Cipta & Design Industri.

Konsep PP Royalti Terperinci: Harapan Baru Pelindungan Kreativitas Indonesia
Pembahasan ke empat rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang lisensi musik dan lagu dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) secara khusus Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri bersama Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) serta Kementerian terkait di Hotel Intercontinental, Jakarta pada Senin, 8 November 2021.

Dalam RPP ini, membahas lebih rinci mengenai aturan penarikan royalti lagu dan musik yang diputar dari platform digital serta aturan mengenai hak sinkronisasi musik terhadap film.
Selain itu, dibahas pula mengenai aturan tentang kecerdasan buatan di bidang musik. Di mana aturan-aturan tersebut belum terakomodir secara jelas dalam Undang-undang Hak Cipta.
“Dengan teknologi digital, suatu karya dapat lebih mudah untuk disebar ke seluruh dunia secara cepat dan masif. Namun demikian, karya tersebut menjadi tidak terlindungi,” ujar Direktur Hak Cipta dan Desain Industri DJKI Syarifuddin.